Published 9/25/2016 by with 0 comment

Cara Atasi Burung Cendet yang Manja (Mbayi/Miyik)


Sahabat Elmubarak, khususnya para penghobi burung/kicau mania. Dalam kesempatan ini saya ingin berbagi pengalaman tentang cara mengatasi burung Cendet (Pentet, Plentet) yang suka bertingkah manja (mbayi/miyik).
Bagi kicau mania yang suka memelihara burung Pentet tentu pernah mengalami kejadian seperti di atas. Burung yang diharapkan bisa berkicau malah manja seperti bayi burung(mbayi). Tentu hal ini membuat Anda kesal dan inginnya membanting burung itu. Eiittss...jangan dibanting! Kasihan.
Begitu pun dengan saya. Burung Cendet piaraan saya juga mbayi. Tingkahnya bikin saya kesal. Saya pun berusaha  bersabar. Dan mencari informasi ke teman-teman sesama pecinta burung. Dari mereka saya dapatkan beragam informasi. Dibeginiin lah digituin lah. Tak puas dengan info dari teman, saya pun mencari tambahan info dari internet. Juga infonya beragam dan unik. Komplit jadinya info buat mengatasi masalah Cendet manja.



Dari beragam info yang saya dapatkan, kupilih cara yang paling simpel dan praktis yaitu "disemprot air es!" Ya betul. Disemprot pake air es(air yang didinginkan dalam botol di mesin pendingin, freezer atau kulkas).
Bagaimana teknisnya? Begitu burung Cendet miyik-miyik, lekas semprot dengan air es tadi. Tapi jangan terlalu basah kuyub. Kasihan, bisa menggigil. Cukup semprot dengan pelan-pelan. Biasanya burung Cendet akan diam. Besoknya, bila burung cendet mbayi lagi, semprot lagi.
Jika ketika cendet miyik, lalu disemprot dengan air es, pasti lama kelamaan Cendet tidak akan miyik lagi. Naluri Cendet tentu merasakan, jika ia miyik, tentu ia akan disemprot dengan air es yang dinginnya minta ampun.
Makanya cendet takut kalau disemprot lagi.
Ini nyata lho! Bukan hoax atau mengada-ada. Saya sudah membuktikannya!
Kini giliran Anda membuktikannya.
Demikian tips dari saya.

Lalu, adakah cara lainnya?
Ada. Ini juga info dari salah satu teman kicau mania.
Tapi cara ini menurutku sadis dan ekstrem. Lho kok ekstrim dan sadis? Ya karena sadis saya pun nggak berani mencobanya.
Emang gimana nih sih teknisnya?
Begini....
Bila burung Cendet anda miyik, maka carilah seekor burung kecil( misalnya burut Pipit). Lalu masukkan burung Pipit tadi ke kandang Cendet. Terus?
Terus ya burung Pipit tadi akan dibantai oleh Cendet sampai tewas. Sadis kan?
Lantas apakah setelah membantai Pipit, burung Cendet tidak miyik lagi? Betul. Itu berdasarkan tips dari teman.
(kan sudah kubilang, saya belum menerapkannya).
Hehehe....

Nah sahabat, demikianlah cara mengatasi burung Cendet yang miyik/manja. Boleh dipraktekkan bila burung Cendet anda miyik/mbayi. Terimakasih telah membaca artikel ini. Boleh dishare bila artikel ini bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment