Published 5/17/2015 by with 0 comment

Cara Membedakan Batu Akik Asli Dan Palsu

Cara Membedakan Batu Akik Asli dan Palsu - Maraknya bisnis batu akik membuat barang satu ini banyak diburu orang. Bahkan peminat atau kolektor batu akik mau merogoh koceknya sampai puluhan juta Rupiah untuk mendapatkan sebuah batu akik. Hal ini tentu saja menjadi lahan bisnis bagi pengrajin atau penjual batu akik. 


Tapi sayang, booming batu akik yang sedang melanda masyarakat kita justru dimanfaat kan oleh sebagian orang untuk mengeruk keuntungan dengan cara-cara yang tidak sehat. Salah satunya dengan membuat batu akik aspal alias asli tapi palsu.
Hal ini tentu saja merugikan konsumen yang membeli batu akik.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin membeli batu akik yang asli, cobalah tips berikut ini. Agar Anda tidak tertipu oleh penjual nakal yang mengaku menjual batu akik asli tapi ternyata palsu.

1. Bawalah ke Laboratorium
Jika  Anda ingin mengecek keaslian batu akik, cobalah datang ke laboratorium Gemstone. Di sana bisa dites kandungan material dan kemurnian batu akik.

2. Lihat Serat Dalam Batu
Coba terawanglah serat yang ada dalam batu akik. Jika asli, maka serat dalam batu akan terlihat retak-retak dan motifnya alami. Karena jarang sekali kita lihat batu akik asli 100% mulus tanpa serat. Pasti Anda bisa membedadakannya dengan batu akik sintetis/palsu.

3. Jika Dibakar Atau Disulut Api Rokok Maka Tidak Meninggalkan Bekas Bakar     Yang Aneh
Batu akik yang asli jika dibakar dengan korek api atau disulut api rokok maka tidak akan ada perubahan warna gosong atau titik meleleh pada batu. Malah akan menghasilkan cairan minyak berwarna coklat. Bila diusap cairan minyak tersebut akan hilang. Tapi beda dengan batu buatan, bekas cairan itu tidak bisa hilang walaupun dibasuh dengan air.

4. Jika Ditempelkan Ke Pipi Berasa Dingin
Hampir semua benda yang kita pegang pasti akan berubah hangat karena hantaran suhu badan kita. Tapi untuk batu akik proses hangatnya lama jika dipegang bahkan cenderung selalu terasa dingin. Dan tak adalah salahnya jika Anda menempelkan dulu batu akik yang akan Anda beli. Jika terasa dingin dipastikan batu akik tersebut asli.
  
5. Bertanyalah Pada Ahlinya
Jika Anda akan atau sudah membeli batu akik, cobalah bertanya kepada ahli batu akik. Darinya, Anda akan memperoleh penjelasan yang mendetail soal batu akik. Dengan harapan Anda bisa membedakan batu akik asli dan yang palsu.

Sampai di sini penjelasan tentang cara membedakan batu akik asli dan palsu. Bisa jadi cara-cara yang telah saya sajikan masih kurang. Jika Anda punya cara yang lebih gampang, silahkan Anda menambahinya. Terimakasih telah berkunjung ke blog Elmubarak. Sukses untuk Anda.

0 komentar:

Post a Comment