Published 5/10/2015 by with 0 comment

Mengenal Bagian Daging Sapi

Daging sapi merupakan salah satu bahan makanan yang bisa diolah menjadi beragam sajian. Bisa disemur, dibikin sate, gulai, rendang, sup dan olahan lainnya. Dari olahan makanan tersebut, disesuaikan dengan bagian daging sapi. Ada bagian daging sapi yang pas dibuat sate, rendang, sup juga lainnya.Untuk mendapatkan cita rasa yang lezat tentunya harus dipilih bagian daging mana yang akan dibuat masakan. Jangan sampai daging yang pas dibuat rendang malah dibikin sup. Tentu rasanya akan jadi lain.
Nah, untuk itu ada baiknya jika kita mengetahui bagian-bagian daging sapi. Bukan maksud menyaingi penjual daging sapi, tapi setidaknya kita tahu agar dapat memperoleh cita rasa masakan daging sapi sesuai selera kita. Berikut ini keterangan bagian daging sapi dan cara memasaknya. 

     1. Daging Cincang(Giling) 
Daging cincang biasanya diambil dari berbagai bagian sapi yang berbeda. Bagian daging ini bisa disajikan dalam berbagai cara yang berbeda. Misalnya sate pentul sapi.

     2. Gandik
Gandik merupakan bagian daging yang sangat keras dan tidak mudah hancur. Makanya bagian daging ini lebih cocok disajikan dalam masakan yang membutuhkan waktu lama untuk matang, contohnya rendang.

     3. Has Dalam(Tenderloin)
Bagian daging ini sangat lembut dan cepat matang bila dimasak. Sehingga cocok untuk sajian bistik atau tumisan.

     4. Has Luar(Sirloin)
Bagian daging ini terdapat lemak di sisi luarnya. Sangat cocok bila dimasak tumisan.

     5. Kaki Sapi
Bagian kaki sapi biasanya paling sering dimasak menjadi kuah bakso atau masakan lainnya yang membutuhkan waktu lama dalam memasaknya.Karena bisa menghasilkan kaldu yang lezat.

     6. Sandung Lamur (Brisket)
Bagian daging sapi ini banyak mengandung lemak. Sehingga cocok diolah dalam sajian seperti soto, sup atau rawon.

     7. Sengkel
Sengkel adalah jenis daging yang mengandung banyak urat. Bagian cocok untuk dibikin masakan gulai, empal atau soto.

     8. Tetelan
Tetelan adalah sisa daging yang melekat pada tulang sapi. Pada umumnya tetelan digunakan untuk membuat kaldu atau tumisan. Bisa juga tetelan ini dihidangkan dalam sayur asam sebagai campuran.

Demikianlah penjelasan tentang bagian-bagian daging sapi. Semoga tulisan singkat ini bisa bermanfaat untuk Anda. Terimakasih telah berkunjung dan senang rasanya bila Anda berkenan membagikan artikel ini.




0 komentar:

Post a Comment