Published 5/15/2015 by with 0 comment

Tips Membeli Batu Akik Yang Asli

Booming batu akik di Indonesia, memberi warna  sendiri pada masyarakat kita. Di banyak daerah di Nusantara, orang-orang ramai membicarakan batu akik. Di kota, di desa-desa bahkan di pelosok pun orang-orang ikut ngomongin masalah batu akik. Bahkan tidak sekedar membicarakan, namun juga membeli, menjual, mengoleksi serta memburu batu akik.

Hal ini tentu membawa berkah tersendiri bagi masyarakat. Penjual, pengrajin batu serta toko-toko perhiasan ikut kebagian untung yang lumayan. Tak ketinggalan para pemburu bahan batu akik yang suka mencari di gunung-gunung, sungai atau di hutan. 

Nah, jika Anda berminat membeli batu akik tapi pengetahuan soal batu akik minim, coba simak tips berikut ini. Tujuannya agar anda tidak tertipu dengan batu akik yang Anda beli.

1. Ajaklah Ahli Batu Akik

Nggak ada salahnya ketika Anda berminat membeli batu akik, Anda mengajak orang yang ahli batu akik. Minimal pahamlah tentang seluk beluk akik. Anda bisa bertanya padanya batu akik mana yang layak Anda beli. Hal ini dilakukan jika Anda tidak paham urusan batu akik. 

2. Perhatikan Model Batu Akik

Beragam potongan batu akik yang dibuat pengrajin membuat nilai artistik dan nilai ekonomi yang berbeda. Semakin unik potongan batu akik, tentu nilai jualnya makin tinggi. 

3. Perhatikan Sertifikat Batu Akik

Untuk menunjukkan keasliannya, batu akik yang bernilai tinggi tentu memiliki sertifikasi. Biasanya sertifikasi itu berisi nomer identitas batu atau nomer seri, warna, nama serta berat batu. Juga dilengkapi dengan dimensi serta stempel perusahaan pembuat batu akik itu.

4. Amati Kejernihan Batu Akik

Salah satu ciri batu akik yang bagus adalah tekstur warna yang mengkilap. Tapi ada juga beberapa jenis batu yang bisa tembus cahaya. Jika Anda mendapati batu akik yang akan dibeli berwarna mengkilap serta tembus cahaya, Anda juga perlu memperhatikan tingkat kejernihan batu tersebut.

5. Perhatikan Ciri-Ciri Batu Akik Yang Asli

Batu akik yang asli memiliki ciri-ciri umum. Anda bisa mempelajarinya terlebih dahulu agar bisa membedakan asli tidaknya sebuah batu akik. Karena tiap batu akik memiliki ciri-ciri yang berbeda antara satu dengan lainnya.

6. Cermati Warna Batu Akik

Warna batu akik, sangat mempengaruhi kualitas batu akik itu sendiri. Semakin unik dan bagus warna batu akik, tentunya nilai estetika dan nilai ekonominya semakin tinggi.

7. Berat Atau Volume Batu Akik

Tiap batu akik memiliki berat atau volume yang berbeda-beda. Misalnya batu bacan, jenis batu ini cenderung lebih berat dibandingkan dengan jenis batu lain. Karena memiliki tekstur material dari ferium. Anda  bisa membandingkannya dengan batu akik lain atau batu buatan. 

Nah, itulah beberapa tips membeli batu akik yang asli. Agar tidak tertipu dengan batu akik palsu, Anda perlu memperhatikan tips-tips di atas. Semoga bermanfaat. 

0 komentar:

Post a Comment