Published 5/12/2015 by with 0 comment

Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan



Cara yang Simple


Cara memasak yang tepat dan bumbu yang pas akan menghasilkan masakan ikan yang lezat.
Tentunya juga harus didukung oleh kualitas ikan yang prima. Kalau ikan yang akan dimasak
masih berbau amis, pasti akan mengganggu masakan Anda. Untuk itu Anda harus tahu cara menghilangkan bau amis tersebut.


Sebenarnya ikan yang masih segar tidak berbau amis. Saat berusia 2 hari setelah ditangkap, ikan masih memiliki aroma yang manis dan cenderung tidak berbau. Tapi kalau sudah disimpan dalam freezer selama beberapa hari dan berbau amis, Anda jangan terburu-buru membuangnya. Selama daging ikan masih cukup padat dan kenyal, serta kulitnya masih tampak cerah dan tidak berlendir, Anda masih bisa menggunakannya. Jika berbau amis, cobalah tips berikut ini.
  1. Rendamlah ikan dalam susu cair kurang lebih 20 menit. Setelah itu angkat dan keringkan dengan lap sebelum dimasak. Cara ini cocok diterapkan pada ikan filletan( ikan yang hanya diambil dagingnya).

  2. Lumuri ikan dengan campuran perasan perasan jeruk nipis/lemon, garam serta lada. Lantas biarkan ikan selama 30 menit. Supaya meresap dengan sempurna 
  3. buatlah keratin pada bagian tubuh ikan. 
  4.  Jika ikan yang akan Anda olah adalah ikan utuh, maka bersihkanlah ikan dengan baik, terutama bagian hitam yang biasa terlihat di atas ikan setelah kepalanya dipotong. Biasanya bagian inilah yang menyebabkan bau amis pada ikan.
  5. Bersihkan sisik ikan secara menyeluruh. Kemudian lumuri dengan cuka. Jumlah cuka yang digunakan adalah 2 sendoh teh cuka setiap 1 kilogram ikan. Setelah dilumuri cuka, biarkan ikan selama 15-20 menit . Setelah itu basuh ikan dengan air hangat, kemudian bersihkan kembali dengan air garam untuk menetralisir rasa dan aroma ikan yang telah diberi air cuka.
Nah, demikianlah tips-tips menghilangkan bau amis pada ikan. Anda bisa mencobanya sekarang, atau kapan saja. Dan Anda tak perlu khawatir ikan yang akan Anda masak tak berbau amis lagi. Selamat mencoba.... 

0 komentar:

Post a Comment